Fırın Patlıcan Kebabı (Terong oven kebab)

Banyak sekali variasi kebab di Turki, selain Kırmızı Biber siş Kebab yang sudah pernah saya posting sebelumnya, masih banyak jenis kebab yang menjadi favorit tiap orang disini. Kali ini saya coba bikin Fırın Patlıcan Kebabı atau Kebab terong (yang di-) Oven. Jika dibanding dengan hasil masakan "Usta" (sang ahli) Kebab dari sini sih, masakan saya tidak ada apa-apanya... Tapi selama suami bilang "Çok Güzel Olmus" yang artinya kurang lebih "Enak banget" :) ... yaa saya masih Pe-De donk menampilkan kreasi masakan Turki dari dapur campur saya :)
Fresh from the oven
Bahan-bahan:
- 3 buah terong ukuran sedang. Kupas kulit memanjang seperti zebra patern. Potong melingkar setebal 2~3 cm. Rendam dalam air garam beberapa lama. Cuci
- 3 buah tomat ukuran sedang. Potong melingkar setebal 1 cm
- 3~4 Cabe Carliston (atau cabe hijau panjang). potong 3 cm an
- Beberapa tusuk sate
Untuk saus
- 1 buah tomat ukuran besar. parut halus.
- 1 sdm pasta tomat. Larutkan dengan 3/4 gelas air.
- Sejumput garam dan gula.
Campur jadi satu semua bahan saus.
untuk meatball:
- 300 gr daging giling
- 1 lembar roti tawar (saya pakai roti lama)
- 1/2 bawang bombay. Parut halus.
- garam dan merica bubuk sesuai selera
Campur semua bahan meatball dan bentuk bulat pipih. sisihkan


Cara membuat:
1) Tusuk semua bahan kebab, meatbal dan sayuran secara berselang seling. 
2) Tempatkan di loyang, siram dengan saus tomat. Dan panggang di oven 170 deg C sampai matang. (saya butuhkan waktu kira-kira 50 menit sampai terong benar-benar lunak)

Hidangkan panas dengan Kentang goreng atau Kentang Pure atau bisa juga dengan Turkish Pilav.

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blogger news