SÜCÜKLU PİDE (roti 'pide' dengan topping sujuk)


Sücük (baca sujuk) adalah sosis kering pedas dalam kuliner Turki dan dikonsumsi dari Balkan ke Timur Tengah dan Asia Tengah.

Sücük terbuat dari daging giling dengan aneka bumbu termasuk jintan, sumac, bawang putih, garam, dan merica merah, dimasukkan ke dalam casing sosis dan dibiarkan kering selama beberapa minggu. Rasanya kurang lebih pedas, cukup asin dan memiliki kandungan lemak yang tinggi.

Sücük dimasak sebelum dikonsumsi (ketika mentah sangat keras dan kaku). Sering kali dipotong-potong dan dimasak tanpa minyak tambahan, lemak dari Sücük itu sendiri cukup untuk menggoreng. Saat sarapan, ia digunakan dalam cara yang mirip dengan daging , digoreng dalam wajan, sering dengan telur (misalnya sebagai sarapan di Mesir), disertai dengan secangkir teh hitam manis. Sücük kadang-kadang dimasak dengan kacang merah atau dimasukkan ke dalam kue-kue di beberapa daerah di Turki. Di Bulgaria, baku, Sücük  sering disajikan sebagai hidangan pembuka dengan Rakia atau minuman beralkohol tinggi. Di Lebanon, Sücük diiris dimasak dibuat menjadi sandwich dengan saus bawang putih dan tomat.

Sücük juga biasa digunakan sebagai topping pada kue sedap di Irak, Suriah, Israel dan Lebanon.  Sücük döner diperkenalkan di Turki pada akhir 1990-an.



Serve: 8 ukuran medium

Bahan-bahan:
Bahan roti pide:
v  4 gelas tepung terigu
v  4 sdt ragi instant kering
v  1 sdm gula
v  1 ½ gelas air hangat
v  6 sdm minyak zaitun (atau minyak sayur lain)
v  2 sdt garam
Bahan topping:
v  ±300 gr sucuk (Turkish sausage), potong bulat setebal kurang lebih 3 mm (bisa diganti dengan Italian sosis pedas)
v  8 buah tomat ukuran besar, kupas kulitnya, buang isinya dan potong kubus kecil.
v  8~9 buah  carliston pepper (cabe hijau besar yang tidak pedas), potong menjadi 2 atau 3 bagian.
v  400 gr keju feta, crumbled.
v  300~400 gr cheddar cheese, parut kasar.
Bahan Olesan:
1 kuning telur kocok dengan 1 sdm minyak sayur.





Cara memasak:
Untuk adonan roti pide: Ambil 2 sdm terigu (dari bagian 4 gelas tersebut), campur dengan ragi instant dan gula,  beri ½ gelas air hangat, aduk rata dan biarkan di tempat hangat hingga mengembang dan berbusa sekitar 30 menit. Setelah mengembang, campurkan sisa terigu, sisa air hangat, garam dan minyak zaitun. Uleni hingga adonan halus dan tidak lengket di jari. Pada tahap ini mungkin ada penambahan sedikit air hangat atau terigu untuk membentuk adonan yang kalis. Tutup dengan plastic stretch atau serbet dapur dan diamkan di tempat hangat hingga mengembang dua kali lipat. Setelah mengembang,tinju dan  kempiskan adonan, bagi menjadi 8 bagian sama rata dan bentuk bola kecil.

Penyelesaian: Ambil satu bagian bola dan gilas dengan rolling pin membentuk oval panjang. Beri topping: keju feta, tomat, keju cheddar parut lalu susun sucuk dan carliston biber diatasnya. Lipat tiap tepinya ke bagian tengah dan satukan ujungnya hingga membentuk seperti perahu boat mini. (lihat gambar). Olesi permukaan roti dengan bahan olesan. Lakukan hingga adonan selesai/ habis. Panggang dalam oven 160⁰C selama 25~30 menit hingga golden brown.

Sajikan hangat.




Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blogger news