PLECING KANGKUNG



 بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم


السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ


Merhaba dari Türki semuanya 👋

Terima kasih udah mampir kemari ya. Boleh kok tinggalkan kesan dan pesan di kolom komen dibawah... Saya akan sangat-sangat berterima kasih dan makin semangat update-update 💟

Plecing Kangkung / Indonesian water spinach with freshly chili relish | Çitra's Home Diary. #plecingkangkung #vegetarian #Indonesianfoodrecipe #chilirelish #Asiancuisines #waterspinach #sidedish

Apa kabar semua.... Inshaallah senantiasa sehat dan berbahagia ya. Selalu bersyukur dengan apa yang kita miliki saat ini, Inshaallah makin menambah rasa bahagia kita.

Kali ini saya ingin berbagi salah satu makanan yang tergolong sehat kalau kata saya ya, Plecing kangkung.

Plecing kangkung merupakan adalah salah satu menu sambal khas Lombok, Nusa Tenggara Barat. Dengan lezatnya sayur kangkung yang direbus sederhana, dipadu dengan sambal yang segar dan pedas menjadikan sajian ini tidak membosankan. 
Pada umumnya plecing kangkung hanya terdiri dari sayur kangkung saja, tapi saya di rumah terkadang juga menambahkan taoge jika ada stok.
Penyajiannya bisa ditambahkan kacang goreng, telur, teri, ikan, bisa juga dengan bahan lain sebagai alternatif lauk pendamping.

Plecing kangkung biasa disandingkan dengan sajian ayam bakar taliwang ataupun betutu. Kendati begitu, dimakan dengan lauk pauk lain seperti tempe atau ikan bawal juga nggak kalah lezatnya lho.


Resep Plecing kangkung
By: Çitra's Home Diary

Bahan-bahan:

🍋 ±200-250 gr kangkung, siangi dan cuci bersih
🍋 taoge (opsional)
🍋 Kacang tanah goreng/ sangrai
🍋 ±4-5 siung bawang merah
🍋 ±6-7 cabe merah (atau cabe keriting)
🍋 ±20 biji cabe rawit atau sesuai selera pedasnya
🍋 1 tomat besar (2 ukuran sedang)
🍋 1 sdt terasi bakar
🍋 1 sdt garam atau sesuai selera
🍋 sedikit gula (sesuai selera)
🍋 jeruk limau atau jeruk nipis

Cara membuat:

1. Kangkung direbus dengan sedikit garam sampai matang, tiriskan. Taoge cukup direndam air panas saja beberapa menit lalu ditiriskan. Sisihkan.

2. Semua bahan untuk sambal diulek, tidak perlu terlalu halus; bawang merah, cabe merah dan cabe rawit, tomat, terasi dan garam. Lalu beri perasan jeruk nipis/ limau.

3. Tata kangkung dan taoge diatas piring saji, siram dengan sambalnya lalu taburi kacang tanah. Plecing kangkung siap disajikan.
Note: 
Kadangkala, saya tambahkan pula ikan teri yang digoreng kering sebagai alternatif lauk bersama plecing kangkung.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat.


Follow me at Instagram; @citra_homediary
If you making this recipe, please let me know. 
Use hashtag #citrashomediary_recipe and tag me 😊 Send me some 💚

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blogger news