Ikan Acar Kuning

Desember akhir sedang dingin-dinginnya. Hujan campur salju turun mulai semalam bikin semuanya putih. Males keluar kemana-mana deh, even ke market dekat rumah untuk beli sesuatu. Padahal udah mau weekend, sudah pasti persediaan di Kulkas udah menipis karena jatah belanja biasa Sabtu atau minggu. Pengen makan sesuatu yang pedes dan asem sekaligus.. mikir apaan ya enaknya.... hhhhh...
Bongkar-bongkar kulkas, ada ikan.... Pengen asem-pedes, cuaca dingin, ikan.... hmmm... Acar ikan kuning ajah...
Nasi hangat ngepul-ngepul, teh panas, Ikan Acar Kuning..nggak berasa di Turki deh.. d(^_^)b

Bahan yang diperlukan:
- 700 gr ikan Bandeng segar (2 buah ukuran besar)- Disini saya gunakan ikan bass
- 1 buah paprika merah ukuran besar
- 2 buah mentimun ukuran medium
- 3 buah wortel ukuran sedang. Kupas dan cuci.
- beberapa cabe rawit (sesuai selera)
- 3~4 lembar daun salam
- Jika ada belimbing wuluh, biasanya saya pakai itu di Indonesia. Tapi disini saya gunakan 2~3 sdm lemon juice. (bisa gunakan cuka putih)
- 4 siung bawang merah. Kupas dan belah dua.
- Garam dan gula secukupnya sesuai selera.
- Minyak goreng secukupnya

Bumbu dihaluskan:
- 4 butir kemiri
- 4 siung bawang putih
- 4 siung bawang merah
- 2 cm kunyit
Cara memasak:
Lagi males banget nulis panjang-panjang nih... hehehe... Bisa dilihat di poto Ilustrasi aja ya.. saya yakin bahasa Gambar lebih mudah dipahami.. d(^_^)b


1)Pertama siapkan ikan, digambarnya ada tiga ikan bass tapi saya cuma masak dua ekor aja. Potong jadi dua, bagian  kepala dan ekor. Siapkan Bumbu seperti daftar diatas. 
2)Goreng ikan, nggak perlu terlalu matang, cukup bikin kulit ikan agak burning/ gosong saja.
Potong sayuran dan paprika bentuk korek api (jangan terlalu tipis) dan bawang merah dibelah dua. Cabe rawit bisa dibiarkan utuh atau bisa dipotong-potong untuk rasa lebih pedas (gambar 4). 
3)Haluskan bumbu yang perlu dihaluskan, lalu tumis dengan minyak sayur secukupnya dalam wajan yang cukup besar. Tumis bersama daun salam.(gambar 7).
Masukkan sayur potong dan tuang air panas secukupnya sesuai selera (saya gunakan 1 1/2 cup). Bumbuhi garam, gula dan lemon juice atau cuka (atau belimbing wuluh). Cicipi rasanya pada tahapan ini, juga kurang sesuatu bisa ditambahkan di tahap ini.
4)Masukkan ikan, aduk hati-hati, jangan sampai ikan hancur karena banyak diaduk, tutup wajan dan masak hingga bumbu meresap dan sayur agak layu (Gambar 9).


Selamat menikmati.


Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blogger news