Japanesse style Cheese Cake


On this picture, I made two recipes
and stacked it.
Cheese cake ini lembut dilidah dan dijamin bikin ketagihan. Step by step pembuatannya tidak serumit yang terbaca, coba ikuti per tahapnya.. saya jamin dessert yang satu ini worthed untuk dicoba...
Sekarang siapkan bahan-bahannya dan kita mulai....

Bahan A :
1)     ½ gelas susu cair
2)     40 gr unsalted butter
3)     125 gr cheese cream

Bahan B :
1)     ½ cup terigu
2)     1 sdm munjung maizena
3)     2 btr kuning telur
4)     1 sdt air jeruk/ lemon
5)     1 sdt lemon zest (parutan kulit lemon)

Bahan C :
1)     3 btr putih telur
2)     ½ cup gula pasir

Bahan D:
1 sdm Selai blackberry (atau sesuai selera)
1 sdm Air hangat
Strawberry / peach / orange/ kiwi, sesuai selera

Mari mulai:
1.  Siapkan loyang 16cm, olesi dengan mentega, lapisi dengan kertas roti, olesi sekali lagi dengan mentega. Jika menggunakan Loyang yang bisa dibongkar pastikan Loyang kedap air (bungkus dengan aluminium foil). Siapkan loyang untuk air rendaman, isi dengan air sampai 1/4-nya saja. Masukkan loyang berisi air ke oven, pre-heat oven dengan suhu 160 °C. 

2. Campur Bahan A: mentega, susu cair, dan krem keju dalam panci kecil, panaskan di atas api, diaduk2 hingga semua bahan meleleh dan menyatu. Gunakan api sedang supaya krim tidak sampai gosong.

3. Dalam keadaan krim masih hangat, ayak terigu dan maizena (Bahan B) ke dalam panci krem keju. Aduk hingga rata. Masukkan kuning telur,lemon zest dan air jeruk. Pastikan semua bahan tercampur sempurna. Sisihkan

4. Kocok putih telur, gula pasir hingga ‘soft peak’ . Masukkan kocokan ini ke adonan. Aduk hingga rata benar. Tuang adonan ke dalam Loyang yang sudah beralas kertas roti tadi. Cek air dalam loyang berisi air dalam oven, jika sudah cukup panas, letakkan loyang berisi adonan diatasnya. Cara memanggang seperti ini disebut dengan cara au bain marie.

5. Panggang selama 45 menit. Tes dengan tusuk gigi. Jika masih lengket, tandanya kurang matang, bisa ditambahkan waktu panggan 10-15 menit lagi. 

Catatan: kenali karakter oven anda saat matang, permukaan cheese cake ini tetap kuning (tidak coklat) dan ada semu keemasan, jadi jangan sampai permukaannya gosong.

6. Jika sudah matang, dalam keadaan hangat, langsung balik adonan ( jika menggunakan Loyang bongkar pasang tidak perlu dibalik lagi). karena cheese cake ini lembut sekali, hati-hati kalau membalik kek nya. Dinginkan sebelum diberi topping.

7. Penyelesaian: hangatkan selai blackberry dengan air matang di atas kompor (asal hangat dan bisa diaduk). Olesi permukaan cheese cake dengan selai. Hiasi atasnya dng black berry. Atau bisa anda variasikan dengan buah-buahan lain sesuai selera.

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blogger news