Pita Bread

Pita bread adalah roti bundar berkantung, biasa dikonsumsi di Timur tengah hingga Mediterania dan dimakan dengan makanan khas Balkan. Dibawa dari daerah balkan melalui Turki hingga semenanjung Arab. Secara tradisional roti ini dipanggang dalam oven  tandoor.
Yield 8 ~ 10 roti.

Bahan-Bahan:

§ 1 sdm ragi kering instant
§ 2 ¾ cup air hangat
§ 1 sdm gula
§ 6 cup tepung terigu + beberapa sendok (jika diperlukan)
§ 2 sdm garam halus



Cara membuat:


Dalam mangkok sedang, campur jadi satu; ragi instant, gula dan air hangat. Aduk hingga semuanya larut. Tutup mangkok dan diamkan sekitar 15 menit di tempat hangat, atau sampai ragi bereaksi dengan ditandai adanya busa yang muncul.

Dalam mangkok lain yang cukup besar, ayak  6 cup terigu dan garam jadi satu. Buat lubang menyerupai sumur di tengah tepung, tuang larutan ragi ke tengahnya. Uleni hingga kalis dan tidak lengket di tangan. Jika adonan masih basah, bisa ditambahkan terigu, lakukan dengan hati-hati, sesendok demi sesendok saja. Tutup dengan serbat atau plastic stretch dan istirahatkan di tempat hangat sekitar 50~60 menit hingga adonan mengembang dua kali lipatnya-seperti gambar B.

Tinju dan kempiskan adonan. Diatas meja kerja bertabur tepung, bagi adonan menjadi 8 atau 10 bola kecil. Diamkan lagi 10 menit- gambar C. Lalu gilas masing-masing bola setebal ±1,5 cm.
Sementara itu, preheat oven 230C. Taruh adonan yang sudah digilas diatas Loyang yang beralas kertas roti. Panggang hingga matang dan roti menggelembung (selama ±5 menit tiap bagiannya)
Note: jangan buka tutup oven pada 5 menit pertama agar roti mengelembung sempurna. Setelah roti menggelembung sempurna, balik roti dan panggang kembali hingga matang.


 Begitu keluar dari oven, tutup/ simpan pita bread dengan serbet dapur atau kitchen towel agar tidak keras.



Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blogger news