KEK BAYAM

Bagi para ibu... pernakah merasa sangat frustasi jika anak-anak tidak suka konsumsi sayur atau buah?? Pasti sangat mengesalkan ya... Tapi berhadapan dengan seorang mahluk mungil dengan wajah yang selalu lucu dan memelas dihadapan kita ketika tidak mau menghabiskan jata sayuran di piringnya.... kita tidak mungkin bisa marah apalagi dengan kasar memaksanya.

Itulah saya, walau hati gemas tapi dengan pasrah membersihkan piringnya. Lalu selalu berpikir untuk membuatnya bisa mengkonsumsi sayur/ buah tanpa harus memaksanya. 
Nah.. resep kek saya ini salah satu akal-akalan yang bisa anda coba juga untuk menambah konsumsi sayur dalam menu si kecil.... Ehh..ternyata Babanya juga suka kek bayam ini... ya sudah... bonus penggemar deh (^,^) 

Bahan pure bayam:
  • 60 gr bayam (bagian daunnya saja), cincang halus
  • 1 + 2 sdm air

Bahan Kek:
  • 5 kuning telur
  • 4 putih telur
  • gula kastor 25 gr + 70 gr
  • 50 gr terigu serba guna
  • 28 gr margarin, lelehkan
  • sejumput garam (kurleb 1/4 sdt)
Cara Membuat:
1) Pure bayam: masak bayam dalam panci kecil dengan 1 sdm air hingga lunak dan air menyusut. Lalu blender dengan 2 sdm sisa air hingga halus. Sisihkan.

2) Pre-heat oven 170 deg C. siapkan loyang tulban/ bundt ukuran 18 cm diameter dan olesi mentega, sisihkan. Kocok putih telur dengan sejumput garam hingga berbusa, lalu secara bertahap masukkan 70 gr gula kastor sambil tetap dikocok hingga soft peak dan mengkilap. Sisihkan.

3) Dalam mangkok tahan panas, kocok kuning telur dan 25 gr gula kastor diatas panci berisi air mendidih (doubel boil)hingga gula larut dan berbusa. Tidak perlu hingga kental pucat. Bisa gunakan mikser kecepatan rendah atau denganmanual whisk. Angkat dari panas dan aduk 1 atau 2 menit lagi, campurkan pure bayam dan aduk hingga rata.

4) Campurkan 1/3 bagian putih telur yang sudah dikocok kedalam campuran kuning telur, aduk rata. Kemudian campurkan kuning telur tadi ke dalam mangkok putih telur, aduk rata. Campurkan tepung sambil diayak, aduk balik hingga tercampur rata. Terakhhir masukkan mergarin leleh, aduk balik hingga tercampur rata.

5) Tuang dalam loyang yang sudah disiapkan. Hentakkan loyang beberapa kali diatas meja untuk menghilangkan gelembung udara yang mungkin ada. Oven sekitar 15~20 menit (tergantung jenis oven masing-masing). Tes tusuk dan jika permukaan cake kita tekan pelan akan lentur seperti sponge.  Biarkan dingin sebelum dipotong.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blogger news