Manisan buah prem

Assalamu'alaikum.
Alhamdulillah masih bisa ketemu lagi dan diberi kesempatan untuk nulis nulis lagi dari dapur . Belakangan ini nulis dan ngedit mengedit dilakukan pagi buta sekitar jam 3an atau 4an abis sahur dan subuhan.... kebetulan pas di bulan Ramadhan soalnya :)

Tapi selain alasan sahur/ subuhan...emang punya waktunya  ya jam segitu..  Biasa, kalau siang habis waktu dengan si kecil dan nguplek wilayah dapur dan sekitarnya. Sore habiskan waktu nge teh bersama suami sambil main dengan si kecil...

Postingan kali ini berupa manisan buah prem. Buah prem atau bahasa Turkinya Erik ini banyak ditemui pd awal musim panas sampai tengahan musim panas di Turki yaitu sekitar bulan April/Mei sampai Juli/ Agustus. Ada beberapa jenis buah prem berdasarkan warnanya mulai dari hijau, kuning/oranye, merah fanta sampai ungu gelap. Dan juga ada yang besar ada yang kecil mulai sebesar bola bekel sampai sekepalan anak anak. Rasanya masam (jika mengkal) sampai manis sedikit masam (ketika matang). 


Yang saya pakai untuk manisan kali ini buah prem ukuran kecil (kira kira seukuran bola bekel lah) dan warnanya campuran antara hijau dan kuning muda. Rasanya asam sekali dan buahnya keras tidak lembek jadi sangat cocok untuk dibikin manisan. 

Idenya dari manisan buah buahan yang dulu biasa saya beli di pasar Atom, Surabaya dulu. Rasanya asam, manis dan pedas. Cocok banget untuk musim panas ini. Saya sengaja bikin kuahnya agak lebih manis supaya saya bisa tambahkan es batu ketika menyantapnya...hmmm... Slluurrpp... makan nya pelan pelan ya... pedesss..ntar batuk :)

Yuukk segera nguplik di dapur yuukk..


Bahan dan Cara membuatnya:

  • 1 kg buah prem yang mengkal
  • Kurleb 2 gelas garam
  • Kurleb 3 gelas gula (bisa ditambah sesuai selera manisnya)
  • Air 2  1/2 gelas
  • Bubuk cabe pedas (sesuai selera pedasnya) - saya gunakan 1/2 sdm

How to:
1. Tusuk tusuk permukaan buah prem dengan garpu atau gunakan parutan kelapa. Lalu belah dua. Taruh buah prem dalam baskom dan taburi garam secara merata. Diamkan kurleb 1 jam. Lalu balik balikan buah prem tiap 1 jam sekali. Proses penggaraman sekitar 5 jam.

2. Sementara itu didihkan air dan gula dengan api sedang. Angkat dari api dan masukkan bubuk cabe, aduk rata. Diamkan hingga suhu ruang.

3. Setelah kurang lebih 5 jam, cuci buah prem dengan air banyak. Cuci 3 kali agar tidak terlalu asin hasil manisannya. Campurkan buah prem dalam larutan gula tadi dan masukkan toples. Simpan dalam suhu ruang selama 2~3 hari. Lalu simpan dalam lemari es agar lebih tahan lama.

Nikmati selagi dingin.






Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blogger news